Nama : Imam Nafiudin
NPM :
1311010027
Jurusan : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Semester : IV (Enam)
Kelas : A
Judul Buku : PENDIDIKAN ISLAM DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU MENUJU PENDIDIKAN BERKUALITAS
Pengarang : Dr. Deden Makbuloh, M.Ag.
Penerbit : PT Raja Grafindo Persada Jakarta
Cetakan : 1 (Satu)
Tahun Terbit : 2016
Halaman : 216
Pengarang : Dr. Deden Makbuloh, M.Ag.
Penerbit : PT Raja Grafindo Persada Jakarta
Cetakan : 1 (Satu)
Tahun Terbit : 2016
Halaman : 216
1. RESENSI BUKU
Buku
yang berjudul “PENDIDIKAN ISLAM DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU MENUJU PENDIDIKAN
BERKUALITAS” karangan Dr. Deden Makbuloh, M.Ag. Buku ini ditulis untuk menyebarluaskan
pemikiran dalam bidang pendidikan Islami yang dihubungkan dengan sistem
penjaminan mutu. Buku ini mengambil posisi sangat tepat dalam dunia pendidikan.
Penetapan pendidikan yang Islami dengan ditopang sistem penjaminan mutu yang
terukur akan menjadi landasan dalam mencerdaskan bangsa Indonesia secara
mendasar. Pendidikan Islam di Indonesia sangat strategis untuk mencerdaskan
kehidupan bangsa dan negara, mengingat bahwa populasi penduduk Indonesia lebih
dari 300 juta dan sebagian besar adalah Muslim lebih dari 75 persen dan apabila
dalam pendidikan Islam terjadi kesalahan dalam memberikan pendidikan, maka
dapat dibayangkan kerugian besar yang dapat terjadi pada bangsa dan negara.
Kajian mendalam yang dipaparkan dalam bab-bab mengenai Pendahuluan, mulai dari latar belakang, permasalahan aktual hingga metode pembahasan. Kemudian mengenai Manajemen Mutu Pendidikan, mulai dari konsep, strategi, hingga pengendalian sistem dalam pendidikan. Lalu mengenai Pendidikan Islam, mulai konsep, landasan, hingga implementasinya. Dilanjutkan mengenai Sistem Penjaminan Mutu dalam Pendidikan Islami, baik orientasi mutu, penjaminan peserta didik maupun penjaminan mutu kepemimpinannya. Selanjutnya diakhiri dengan kesimpulan atas penelitian.
Kajian mendalam yang dipaparkan dalam bab-bab mengenai Pendahuluan, mulai dari latar belakang, permasalahan aktual hingga metode pembahasan. Kemudian mengenai Manajemen Mutu Pendidikan, mulai dari konsep, strategi, hingga pengendalian sistem dalam pendidikan. Lalu mengenai Pendidikan Islam, mulai konsep, landasan, hingga implementasinya. Dilanjutkan mengenai Sistem Penjaminan Mutu dalam Pendidikan Islami, baik orientasi mutu, penjaminan peserta didik maupun penjaminan mutu kepemimpinannya. Selanjutnya diakhiri dengan kesimpulan atas penelitian.
Dari
dalam buku ini, dapat dipahami bahwa pendidikan Islami
dapat diwujudkan kualitasnya melalui sistem penjaminan mutu yang dilaksanakan
secara menyeluruh dan konsisten. Dalam penjaminan mutu tersebut terdapat
beberapa level atau tingkatan. Pada level pertama yang menjadi fokus dalam
penjaminan mutu pada tiga komponen yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) guru,
peserta didik dan kepemimpinan. Pada level kedua fokus pada tiga komponen yaitu
isi kurikulum, proses pembelajaran, dan sarana prasarana. Pada level ketiga
fokus pada dua komponen yaitu pembiayaan dan penilaian. Dengan demikian, mutu
pendidikan Islami yang menjadi harapan bangsa dan negara Indonesia dapat
terwujud. Dengan mewujudkan sistem penjaminan mutu tersebut diharapkan dapat
melakukan perbaikan mutu secara berkelanjutan, akuntabilitas dan mendapat
pengakuan. Mutu hanya dapat diperoleh oleh mereka yang memiliki komitmen yang
dicontohkan oleh pemimpin puncak (top
leader), karena Top leader harus
memberikan nilai-nilai optimis melalui komitmen yang ditampilkan dalam setiap
keputusan.
2. Kelebihan dari buku ini :
- Pengujian data dan argumentasi ilmiah dalam buku ini dilakukan melalui uji pakar yang dipresentasikan dalam forum ilmiah.
- Banyak referensi buku, jurnal dan lainya dari dalam maupun luar negeri yang menambah terpecayanya isi dari dalam buku ini.
- Cara penulisan sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan)
- Isi, bahasa, serta analisis bukunya sangat memuaskan karena mampu mendeskripsikan bagaimanakah Pendidikan Islam dan Sistem Penjaminan Mutu.
3. Kekurangan dari buku ini :
- Cover depan dalam buku ini kurang menarik.
- Tidak adanya glosarry, sehingga tidak dapat mengetahui secara mendalam kata-kata yang kurang dimengerti.
- Terdapat kekurangan huruf pada kata “dengan” di halaman 47, kata “tolok” yang seharusnya “tolak” pada halaman 81 dan kata yang salah ketik “pelbagai” yang seharusnya “berbagai” pada halaman viii.
- Tidak adanya Ayat-Ayat Al-Qur’an dalam pembahasan buku ini. (Hanya artinya saja dari suatu Ayat-Ayat Al-Qur’an tertentu)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar