Minggu, 29 Mei 2016

"RESENSI BUKU PENDIDIKAN ISLAM DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU Menuju Pendidikan Berkualitas di Indonesia " (DEDEN MAKBULOH) OLEH AEP PUADUS SHOFWAN PAI A 2013




Nama               : Aep Puadus Shofwan
Npm                : 1311010011
Jurusan            : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Semester         : VI (Enam)
Kelas               : A                  


Judul Buku  : PENDIDIKAN ISLAM DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU   MENUJU     PENDIDIKAN BERKUALITAS DI INDONESIA
Pengarang       : Dr. Deden Makbuloh M.Ag
Penerbit           : PT Raja Grafindo Persada Jakarta
Cetakan           : 1 (1)
Tahun terbit     : 2016
Halaman          : 216

RESENSI BUKU

Berdasarkan pembahasan pada bab-bab sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa pendidikan islam dan sistem penjaminan mutu di Indonesia dapat ditempuh dengan beberapa aspek salah satunya adanya standar nasional pendidikan yang berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. Dengan demikian, jaminan mutu perlu dilakukan dalam system pendidikan nasional sejak tingkant dasar, menengah hingga pendidikan tinggi.
Untuk mengimplementasikan mutu di Indonesia harus adanya guru yang professional, kepala sekolah/madrasah yang kompeten, sarana prasarana yang lengkap dan dari siswa harus memiliki kemauan dan kemampuan untuk bermutu. Oleh karena itu, yang terpenting dalam pembahasan mutu adalah standar dan cara pengukuran standar tersebut.
Dalam islam, perencanaan pendidikan bukan hanya sekedar reaksi terhadap perubahan-perubahan yang terjadi, akan tetapi merupakan antisipasi dan solusi yang berorientasi pada masa depan karena islam menekankan dari segi processing yang disertai tawakal kepada Allah Swt.Lembaga pendidikan perlu berorientasi ke masa depan tentang apa yang diharapkan sehingga mampu mengantisipasi kondisi dan kinerja yang lebih baik di masa yang akan datang.
Yang paling menentukan maju mundurnya suatu pendidikan islami adalah tenaga guru karena guru pada pendidikan islami memiliki ciri sebagai al-‘alim atau al-mu’alim yang berarti orang yang mengetahui. Peserta didik dalam pendidikan islam perlu mengacu pada karakteristik pendidikan islam itu sendiri karena peserta didik merupakan unsur manusiawi yang sedang bersungguh-sungguh mencari ilmu pengetahuan dan berusaha keras untuk mendapatkannya. Dengan demikian, harapan masyarakat dapat direalisasikan apabila tercipta suasana yang kondusif, berdasarkan struktur interaksi yang mendorong penentuan arah aktivitas mereka.
Begitu pentingnya manajemen mutu pendidikan disetiap lembaga pendidikan, karena dengan adanya menajemen mutu pendidikan suatu lembaga khusnya lembaga-lembaga formal, akan lebih terarah dan terkontrol setidaknya bisa mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih.

Kelebihan buku ini adalah:
1.      Dengan adanya buku ini banyak memberikan inspirasi dan bermanfaat bagaimana cara meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, secara sistematis dijelaskan dalam buku ini mutu pendidikan yang harus dicapai oleh orang-orang yang berpendidik untuk mewujudkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas.
2.      Refrensi atau rujukan buku ini banyak sekali menggunakan teori-teori barat, sehingga minat pembacanya akan lebih tertantang untuk lebih mengetahui isinya.

Kelemahan buku ini adalah:
1.      Rujukan atau refrensinya terlalu banyak menggunakan teori-teori barat, sehingga teori-teori di dunia islam kurang banyak dicantumkan dalam buku ini.
2.      Penggunaan bahasa-bahasa ilmiah dan istilah yang membuat buku ini kurang dipahami oleh orang awam  
  





Tidak ada komentar:

Posting Komentar